21 Dhu al-Qi'dah 1435 / Selasa, 16 September 2014 / سه شنبه, ۲۵ شهریور ۱۳۹۳

Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2012

Menanggapi tradisi mudik yang selalu ramai setiap tahun, tentu saja pemerintah bekerja sama dengan perusahaan angkutan umum harus mewaspadai lonjakan penumpang. Lonjakan penumpang biasanya naik mulai sekitar H-3 saat arus mudik dan H+3 saat arus balik.  Namun pemerintah merencanakan masa angkutan Lebaran selama 16 hari, yaitu Pra Lebaran selama 7 hari 12 s.d 18 Agustus 2012 dan Purna Lebaran mulai 21 s.d 27 Agustus 2012.  Hal ini mengacu pada penentuan Lebaran menurut kalendar, yaitu 19 dan 20 Agustus 2012.

Persiapan pemerintah dalam menyiapkan operasi angkutan Lebaran ini dilakukan jauh-jauh hari karena diprediksikan adanya kenaikan jumlah penumpang. Moda angkutan jalan diprediksikan naik sebesar 1,3% dari tahun 2011, moda angkutan sungai, danau, dan penyeberangan naik 4,20%, moda angkutan kereta api naik sebesar 16,32%, moda angkutan laut naik sebesar 5%, dan moda angkutan udara akan mengalami kenaikan yang paling tinggi, yaitu sebesar 10%.

Jelas hal itu menuntut pemerintah untuk menaikkan jumlah armada angkutan agar mudik berjalan lancar.

Darat
Untuk angkutan berupa bus, pemerintah menyiapkan bus Antar Kota Antar Provinsi sebanyak 21.395 bus, Antar Kota Dalam Provinsi sebanyak 13.875 bus, dan 2.350 bus pariwisata.  Hal ini menunjukkan adanya kenaikan dari tahun 2011 yang hanya menyediakan 21.014 untuk Antar Kota Antar Provinsi, 13.676 untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi, dan 2.270 untuk bus pariwisata.

Moda Angkutan Kereta Api akan disediakan 239 KA Reguler, 38 KA Lebaran, 166 Lokomotif, dan 1.392 Kereta Penumpang.

Udara
Angkutan Udara disiapkan 339 pesawat dengan kapasitas 43.795 penumpang.

Laut
Untuk angkutan laut, pemerintah menambah 26 Kapal PELNI, 56 kapal Roro Swasta, 13 Kapal Cepat Swasta,600 Kapal Swasta jarak dekat, dan 67 Kapal Perintis. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan akan menyiapkan 133 kapal Ro-Ro.

Untuk hal-hal lain yang menyangkut mudik seperti kondisi jalan raya atau fasilitas umum.  Pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mempercepat pembangunan, pemeliharaan, perbaikan sarana dan prasarana jalan raya.  Sehingga diharapkan saat waktu mudik tiba, hal tersebut tidak akan mengganggu kelancaran mudik.

Pada hari Jumat tanggal 10 Agustus 2012, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membuka pos koordinasi (posko) nasional angkutan Lebaran terpadu 2012.  Posko ini didirikan untuk melakukan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan Lebaran terpadu.  Selain itu, posko tersebut dapat menjadi sarana koordinasi antar instansi di luar pemerintah dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran.

Posko tersebut menyediakan informasi seperti data pergerakan berbagai moda transportasi, penumpang, atau kecelakaan.  Dalam posko ditempatkan monitor yang terhubung dengan CCTV di jalur-jalur mudik.  Posko akan buka selama 24 jam termasuk saat hari Lebaran.

Jalur mudik akan selalu mendapat pengawasan dan pengendalian dengan titik berat pengendalian meliputi angkutan jalan pada 12 provinsi dan 44 terminal (33 terminal utama dan 11 terminal bantuan), angkutan kereta api pada 9 Daop dan 3 Divre, angkutan sungai, danau, dan penyeberangan pada 7 lintasan utama, angkutan laut pada 52 pelabuhan, dan angkutan udara pada 24 bandara.  Dengan mengedepankan  teknologi informasi yang realtime, diharapkan masyarakat dapat nyaman melakukan tradisi mudik.

Bagi para pemudik yang ingin mengetahui kondisi arus lalu lintas secara real time, dapat mengakses pada situs www.dephub.go.id , www.hubdat.web.id, atau www.rttmc-hubdat.web.id.  Ingin up date melalui jejaring sosial?  Bisa buka Facebook dengan akun Info Mudik Lebaran dan Twitter @infomudikLLAJ.  Namun bila Anda tak sempat online, bisa sms ke 0813 8006 8000.

Selamat mudik.  Salam untuk keluarga tercinta.


“Oleh Cita diedit Admin Pasukan Lebaran”

Kumpulan Ramadhan 1434 H | 2013 M

  • 1
  • 2
  • 3
PKL Gunakan Bahu Jalan Pasar Minggu Saat Ramadhan, Kasudin Satpol PP Jaksel Bisa Dicopot

PKL Gunakan Bahu Jalan Pasar Minggu Saat Ramadhan, Kasu…

Lebaran.com – Beberapa hari yang lalu, tersiar kabar bahwa G...

Diet Saat Berpuasa? Jangan Lupakan Makanan Ini

Diet Saat Berpuasa? Jangan Lupakan Makanan Ini

Lebaran.com – Berpuasa ramadhan seringkali dihubungkan denga...

Ingin Makanan Cepat Saji yang Sehat Saat Ramadhan? Pilih Dengan Bijak

Ingin Makanan Cepat Saji yang Sehat Saat Ramadhan? Pili…

Lebaran.com – Awal ramadhan, biasanya kita masih bersemangat...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain